Kamis, 14 November 2013

Cara Merawat Aki Motor Tetap Awet Dan Tahan Lama




Untuk menyalakan sebuah motor perlu adanya sumber arus searah dari komponen Motor yang disebut aki. Aki sangat penting digunakan untuk menyalakan motor agar mudah di starter.
Untuk itu perawatan yang rutin agar aki motor tetap awet dan terjaga performanya untuk memudahkan pengguna kendaraan menyalakan motor perlu diperhatikan.
Berikut ini ada 4 Cara merawat aki motor agar tetap awet dan menjaga agar motor aki tersebut lebih tahan lama memudahkan dalam menghidupkan kendaraan roda dua anda.
Cara menjaga aki tersebut tetap perlu rutin untuk dilakukan dan diperiksa secara berkala. Lakukan 4 cara yang dibagikan oleh detikoto berikut ini, untuk bikin aki motor anda tetap awet hingga 3-4 tahun.
  1. Perhatikan permukaan cairan aki yang harus berada antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah, Periksa penggunaanya setiap 2 bulan sekali. Tambahkan air aki apabila air aki tidak berada diantara garis permukaan atas dan bawah.
  2. Hindari memodifikasi aliran listrik aki. Cara pemasangan kabel ke aki yang tak benar bisa mengakibatkan daya listrik cepat habis. Apalagi bila pengisian aki bermasalah.
  3. Utamakan Kick starter daripada starter elektrik, Untuk menghidupkan mesin motor dahulukan menggunakan kick starter (engkol). Karena penggunaan kick starter di pagi hari masih cukup efektif untuk menghemat baterai aki.
  4. Terakhir, gunakan motor secara bijak. Artinya perhatikan jarak tempuh penggunaan motor apakah perlu atau tidak penggunaan motor bila jarak tempuh bisa dijangkau dengan jalan kaki atau sepeda.
Penggunaan kick starter sebaiknya digunakan ketika motor dalam jangka panjang tidak hidup kurang lebih 8-12 jam. Apabila motor tidak digunakan dalam waktu yang singkat kurang lebih 5-7 jam anda bisa menggunakan fasilitas starter elektrik dalam menghidupkan motor anda. Sehingga bijak dalam penggunaan aki motor dalam kehidupan sehari-hari bisa menjaga agar aki motor anda tetap awet dan tahan lama.

0 komentar: